VERIFIKATOR

Dalam satu pelatihan keuangan, ada peserta yang bertanya, pak kami sudah pakai system keuangan terbaru, saya sudah ikuti aturan dari seminar-seminar property terkenal, saya sudah pakai form-form keuangan paling update yang saya download dari internet, staff keuangan saya juga banyak….tapi koq masih saja kebobolan ya pak?
Keuangan memang memusingkan he he…gak ada uang abang dibuang wkkkkkkk. Penggalan peribahasa tersebut sudah mencerminkan pentingnya uang dalam kehidupan sehari-hari apalagi proyek. Kebobolan atau ketidak mampuan mengelola keuangan tentu menjadi masalah tersendiri. Kinerja proyek hampir dipastikan ditentukan dengan ada tidaknya uang.
Terus bagaimana caranya supaya bisa meminimalkan resiko kebobolan atau bagaimana supaya pengelolaan keuangan tidak suka-suka yang bisa berujung gak ada uang proyek gak jalan? System keuangan yang baik adalah jawabannya. Tapi jangan berpikiran kalau sudah pakai misalnya MYOBI atau program keuangan yang lain terus staff keuangan banyak serta merta atau otomatis kinerja keuangan membaik. Ini bukan mengenai ‘the gun’ tapi lebih cenderung ‘the man behind the gun’.
System yang baik adalah berbicara mengenai kontrol. Kontrol apabila dilakukan dengan tepat akan meminimalkan resiko kebobolan atau pengelolaan suka-suka. Kontrol berarti bicara person yang ikut bertanggung jawab apabila ada penyelewengan. Semakin banyak kontrol semakin aman, semakin banyak person semakin banyak saringan
Verifikator, ya verifikator istilahnya…kontrol dari verifikator-lah yang bisa meminimalkan kebobolan. Seperti apa cara kerjanya? Contoh kecil, divisi teknik akan pasang gorong-gorong, verifikator akan berderet dari mulai staff teknik, kadiv teknik, staff keuangan, kadiv keuangan, wakil pimpro, pimpro sampai direksi bahkan kalau JO (joint operation) bisa saja ada PIC dari pihak JO yang ikut verifikasi.
Kalau semua verifikator tersebut tanda tangan di pengajuan, semua baca, semua mengerti, semua tanggung jawab. Kira-kira kemungkinan kebobolan kecil atau besar? Kira-kira penggunaan uang proyrk akan suka-suka atau hati-hati?

Banyak yang tahu sedikit kebobolan

Tinggalkan komentar

Filed under Keuangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s