MANCHESTER CITY JUARA MASAK

Kenapa Manchester City juara masak? Bukannya seharusnya mereka juara liga Inggris? He he jangan heran, istilah ini muncul dari kedua anak saya. Begini ceritanya, kebetulan si Sulung dan adiknya akhir tahun 2011 ikut perkemahan sepakbola futsal di Cilember, Cisarua. Disana mereka dibagi dalam beberapa kelompok yang dinamai sesuai jawara-jawara klub sepakbola, ada Barca, El Real, MU, Inter dsb. Kebetulan kedua anak saya kebagian klub Manchester City, lengkap dengan kostum ETIHAD-nya. Nah dari berbagai kesempatan lomba yang diadakan termasuk main bola tentunya, kelompok anak saya yaitu Manchester City ternyata menang LOMBA MASAK, di perlombaan lain mereka kalah. Wkkkkkk jadilah mereka bahan olok-olok bahwa Manchester City Juara Masak. Tentu mereka lebih suka kalau kelompok mereka juara futsal-nya. Tapi apapun itu, hal ini membuat kelompok anak saya jadi lumayan terkenal saat acara perkemahan tersebut.

Bercermin dari hal tersebut, sering kejadian ini kita alami di bisnis property. Semua pemain property tahu bahwa beberapa jawara-jawara property sudah mengambil porsi mereka sebagai juara-juara, Agung Podomoro juara Apartment, Sumarecon juara kawasan elit, BSD juara kota satelit dsb. Masih ada sederet pemain bisnis property yang terkenal karena keunggulan mereka. Dan konsumen atau calon konsumen akan sangat tertarik karena keunggulan mereka sudah terkenal luas dan kenyataan di lapangan memang bicara demikian.

Ya, itu namanya keunggulan kompetitif atau Competitiveness Advantage. Seberapa perlukah keunggulan ini harus kita punyai? Tentunya akan lebih mudah buat kita melakukan aktivitas bisnis property kalau kita sudah cukup terkenal memiliki keungulan kompetitif. Mulai dari konsumen, kontraktor, supplier, pemilik lahan sampai perbank-kan akan lebih mudah menjalin kerjasama dengan kita apabila kita memiliki sejumlah keunggulan tersebut.
Siapa sih yang gak mau beli perumahan Sumarecon, siapa sih yang gak mau jadi kontrkatornya Sumarecon, supplier mana sih yang gak kepengin supply bahan ke Sumarecon, bank mana sih yang gak mau ngasih kredit ke Sumarecon, itu semisal saja.

Menyenangkan bukan, apabila kita memiliki kemudahan seperti itu? Tentu menyenangkan he he, tapi pasti sudah terbayang kening berkerut dari rekan-rekan property. “Pasti susah untuk menjadi sekelas Sumarecon atau BSD atau Agung Podomoro dll” kira-kira begitu khan gambaran rekan-rekan? Ok, saya rasa kita cukup mencapai keunggulan kompetitif sesuai level bisnis property kita, gak usah yang hebat-hebat sangat dan banyak keunggulan. Cukup dua tiga keunggulan yang agak berbeda dengan pelaku bisnis lain akan memberi nuansa berbeda terhadap bisnis property anda.

Jadi sebelum terjun ke bisnis property, anda sudah susun kira-kira keunggulan kompetitif apa yang akan kita tawarkan dan bisa bersaing dengan kompetitor. Ingat kata-kata “harus bisa bersaing dengan kompetitor”. Kenapa? Iyalah, konsumen dan pihak-pihak lain akan lebih gampang mengingat keunggulan anda apabila hal tersebut adalah menutup kelemahan pesaing. Ambil saja hal yang cukup sederhana, semisal kompetitor anda lambat mengurus KPR konsumen ke Bank, anda bisa membuat keunggulan kompetitif dengan pengurusan yang super cepat misalnya. Ada lagi? Banyak, misalnya anda dikenal membangun tepat waktu sementara kompetitor lambat, anda dikenal memiliki design bangunan indah sementara kompetitor apa adanya. Cukup dua tiga keunggulan dan berbeda dengan kompetitor, anda akan merasakan bedanya. Dan rancang hal tersebut sebelum anda memulai bisnis property. Survey kompetitor, tentukan kelemahan mereka, tutupi dengan keunggulan kompetitif anda. Gotcha…anda juaranya.

Jadi seharusnya Manchester City juara liga Inggris khan? Bukan juara masak he he

Tinggalkan komentar

Filed under Marketing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s