PENDEKAR DUA JURUS

Suka nonton film kungfu? Atau malahan pas kecil suka mbayangin jadi pendekar kungfu? Wkkkkkk Ciaaaaat…Pendekar baik kungfu, silat, karate atau apapun itu selalu menarik perhatian kita. Sederet nama baik yang nyata seperti Bruce Lee, Samo Hung, Jacky Chan sampai Jet Lee atau yang fantasi seperti Bu Kek Siansu, Jai Hwai Coat (wkkkk kalau ini pendekar cabul), Chin Mi sampai Tiger Wong tentu akrab di telinga kita. Atau ada yang akrab dengan pendekar lokal semacam Brama Kumbara , Si Buta dari Goa Hantu atau Jaka Sembung? Bahkan sederet film seperti Fist of The Dragon, Sin Tiauw Hiap Lu atau Sin Tiauw Eng Hiong selalu menarik untuk ditonton meskipun saat itu pakainya video Betamax wkkkkkkk. Apalagi sekarang dengan teknologi canggih, film seperti ‘Crouching Tiger Hidden Dragon’ menjadi begitu mempesona.

Lalu apa hubungannya dengan dunia property? Sabar, pendekar itu harus sabar, kalau gak sabar namanya bukan pendekar wkkkkkk. Begini, seperti yang kita amati dalam film atau cerita kungfu atau sejenisnya, apanya yang menarik? Tentu saja adegan perkelahiannya. Dramatis dan fantastis tentunya. Terbayang bagaimana dua jagoan berhadap-hadapan dan mengeluarkan serangkaian jurus yang semakin lama semakin hebat dan setelah jurus kesekian puluh atau Jurus Pamungkas barulah muncul pemenangnya, yaitu jagoan kita wkkkkkkk.
Mirip sama dunia property khan? Kita sebagai pendekar di dunia property pasti sibuk belajar bermacam-macam jurus dan mengeluarkan jurus tersebut yang semakin lama semakin hebat untuk menarik calon konsumen.  Semakin banyak jurus rasanya semakin afdol dan bikin pede untuk menarik minat konsumen. Mulai dari TANPA DP, BEBAS UANG MUKA, SUBSIDI BUNGA, BEBAS CICILAN SELAMANYA, BUNGA NOL PERSEN, HADIAH AC, HADIAH IPAD2., HADIAH MOTOR, HADIAH MOBIL, LANGSUNG HUNI, BUNGA RENDAH, BELI SATU DAPAT ENAM, BELI RUMAH DAPAT ISINYA, BELI RUMAH DAPAT ISTRI, BELI SATU LANGSUNG JADI KETUA RT, dll. Demikian heboh mirip jurus-jurus pendekar kungfu yang beragam. Bahkan hampir setiap saat wawancara dengan manager marketing untuk posisi di proyek tertentu, rangkaian jurus marketing ini selalu tidak lupa diumbar oleh mereka. Supaya Pemilik Proyek atau Pimpinan Proyek terkesan dan merasa telah menemukan pendekar yang tepat eh manager marketing yang tepat wkkkkkk.

Tapi pernah dengar gak mengenai cerita Pendekar Dua Jurus? Entah cerita ini benar atau cuma fantasi, dan sayapun lupa apakah saya pernah mendengar cerita ini atau cuma sekedar khayalan saya saja ya? Wkkkkkkkk. Ceritanya begini, di sunia persilatan dan perkungfuan yang begitu gegap gempita dengan berbagai jagoannya. Hiduplah seorang pendekar yang tak terkalahkan. Yang mengherankan, kalau pendekar lain mengusung puluhan jurus saat bertemu lawannya, pendekar ini cukup mengeluarkan Jurus Pertama dan Kedua. Dijamin pada saat mengeluarkan jurus kedua, musuh akan langsung kalah. Makanya Pendekar ini sangat terkenal, karena berbeda dengan pendekar lainnya. Tapi menurut saya ini pasti menyebalkan, soalnya kalau dibuat cerita kungfu, pasti bukunya tipis, ya iyalah, baru mau berkelahi, dua jurus langsung musuhnya kalah. Demikian juga kalau dibuat film, pasti gak seru, baru mau mulai musuhnya sudah kalah, gak akan mungkin keluar jurus yang ada api-nya. Penonton kecewaaaaa…sangat membosankan he he he.

Tapi saya tidak akan menyoroti cerita kungfu yang membosankan diatas he he. Saya hanya menyoroti ternyata di bisnis property adan beberapa pemain property yang menerapkan Jurus mirip Pendekar yang membosankan tersebut. Cukup satu dua jurus tetapi maut. Ada satu pemain property yang cukup terkenal, tidak pernah beriklan, tetapi perumahannya laku keras. Kantor pemasarannya selalu penuh. Konsumen selalu antri. Promosinya garing banget, boro-boro ada kata-kata HADIAH MOBIL, BEBAS DP dll. Yang ada cuma kata-kata type rumah, lokasi dan harga. Kenapa? Ya inilah type pendekar dua jurus yang saya sebut tadi. Membosankan memang, promosinya garing, perumahannya laku keras, cepet tutup proyeknya. Bener-bener mirip cerita Pendekar Dua Jurus yang kalau dibuat cerita silat akan membosankan dan cepat tamat he he.

Ngomong-ngomong dua jurusnya si pemain property terkenal tadi apa sih? Setelah tanya sana sini, tengok sana sini, nongkrong sana sini wkkkkkk, didapatlah dua jurus yang bener-bener manjur sehingga mereka tidak perlu mengeluarkan jurus lainnya yaitu

(1) JURUS PERTAMA , lokasi mereka selalu didepan dibanding developer lain

(2) JURUS KEDUA, jualan rumah murah atau RSH dengan fasilitas fasos fasum yang sangat memadai untuk kelasnya misal pasar bersih, waterpark dll.

Sekedar info mereka jualan perumahan sederhana yang sekarang berkisar di harga 70 juta-an. Dan jurus ini mereka terapkan disemua proyek-proyek mereka yang tersebar di beberapa puluh lokasi dengan konsisten. Semua proyek mereka pasti mengusung dua kelebihan atau dua jurus tersebut. Hasilnya adalah mereka sudah memiliki value khusus dimata konsumen atau calon konsumen. Gimana nggak, rumahnya RSH, lokasinya strategis, fasilitasnya sangat memadai misalnya waterpark dll. Apa yang biasanya melekat pada perumahan kelas menengah keatas bisa mereka nikmati dengan harga RSH. Jadi pada saat memasarkan produknya mereka gak repot-repot dengan berbagai jurus pemasaran yang sedemikian banyak. Cukup pasang spanduk dan bilboard, gak ada program promosi, dan laku kerassssssss.

Apa yang bisa diambil dari pelajaran kungfu dua jurus ini? Ternyata promosi tidak hanya yang heboh dan variatif yang bisa sukses dalam memasarkan perumahan, cukup dua jurus asal tepat dan konsisten maka hasilnya juga akan luar biasa. Rekan property juga bisa menyusun marketing dua jurus ini, pilih program yang paling menyentuh konsumen, terapkan dengan konsisten, dan voila….berubahlah anda jadi pendekar dua jurus wkkkkkk

Ngomong-ngomong saya juga dulu pas kecil belajar beladiri  dan punya dua jurus ampuh saat berseteru dengan musuh, jurus pertama PASANG KUDA KUDA sambil LIDAH DIJULURKAN-MATA MELOTOT, jurus kedua BALIK KANAN dan LARIIIIIII….dua jurus khan? Menang? Gak tahulah…yang penting perkelahian cepat selesai bahkan sebelum perkelahian dimulai wkkkkkkkkk

Bermimpi jadi pendekar dua jurus, jurus makan- jurus tidur.. makan-tidur makan-tidur makan -tidur

2 Komentar

Filed under Marketing

2 responses to “PENDEKAR DUA JURUS

  1. yoyon

    Muantaaabs mas, boleh ajarin 2 jurusnya.. Asal jgn jurus mata melototnya mas. Hehe. Tks

  2. Weleh-weleh…sugeng rawuh suhu Yanuar, ditunggu tulisannya…terutama mengenai bisnis nasi uduk yang mantap he he…kapan-kapan diskusi soal jurus-jurus lagi..siip

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s