LAYU SEBELUM BEKEMBANG

Kayak judul lagu saja ya? Emang judul lagu koq…saya ambil buat kiasan aja wkkkkkkkkkk. Koq pagi-pagi sudah layu pak Heru? Ada apa? Hush…jangan tanya soal layu ke saya, private itu wkkkkkk.

Rekan property, tulisan kali ini menyoroti mengenai beberapa alasan kegagalan saat mulai bisnis property. Jadi banyak rekan property yang sudah dapat lahan, investor dan mulai mengembangkan lahannya tetapi ternyata tidak sesukses yang dibayangkan. Yup mirip lagu layu sebelum berkembang, belum berkembang aja udah layu wkkkkkkkk. Terus apa sih kira-kira sebabnya mereka pagi-pagi udah loyo eh layu wkkkkkkkk. Okeeee…cekidot ke Te Ka Pe…. Kali ini langsung saja ya gak usah basa-basi, soalnya agak berat bahasannya wkkkkkkkkk.

Kenapa saya loyo…eh layu sebelum berkembang? Mungkin anda kurang mandi pagi..wkkkkkkkk. Ups bukan itu jawabannya, kira-kira seperti yang dibawah ini deh.
(1) TIDAK FEASIBLE
Ini kesalahan paling fatal, karena keinginan membuka proyek atau lahan sedemikian menggebu maka kecenderungan untuk mengabaikan faktor feasibilitas seperti lahan, prospek konsumen dan kompetitor. Kecenderungan membesar saat anda melaksanakan proyek skala kecil, semakin kecil semakin diabaikan. Padahal resiko adalah resiko, tetap ada berapapun skalanya.
(2) PERSIAPAN YANG BURUK
Kesalah kedua adalah mengenai persiapan proyek, faktor seperti legal dengan lahan dan kesiapan modal serta team project kadang tidak dipersiapkan dengan baik. Hasilnya adalah muncul perselisihan dengan pemilik tanah, modal kurang atau team yang tidak siap dan bongkar pasang. Efek paling ringan adalah proyek lambat sampai yang paling berat adalah deadlock karena modal tidak mencukupi atau perselisihan dengan pemilik tanah yang berujung proyek berhenti juga.
(3) EUFORIA PASAR BUKAN KARENA HITUNGAN BISNIS YANG TEPAT
Sangat sering terjadi adalah berduyun-duyun mendevelop lokasi tertentu karena cerita sukses pebisnis property lain, tanpa melihat background sukses mereka. Euforia seperti ini muncul karena sifat ‘me too’ saya juga mau ‘if they can so do i’…jiaaaah kalau mereka bisa kenapa saya tidak,boleh sih kalau buat semangat, tapi sudah diperhitungkan matang gak bisnisnya? Coba anda persiapkan dengan baik terlebih dahulu Action Plan anda, apakah perolehan lahan anda dengan pbisnis lain sama atau beda jauh atau kemahalan, apakah anda bisa seefisien mereka, apakah anda bisa punya value dll. Cek dulu..
(4) TIDAK FOKUS
Kesuksesan membuka proyek pertama (ingat cuma membuka lho ya…belum menyelesaikan) kadang bisa bikin euforia juga. Wah ternyata gampang juga ya…coba deh saya buka satu lagi, lagi dan lagi. Sudahkah anda mengukur kemampuan managerial anda? Kalau belum, jangan coba-coba buka baru sebelum proyek pertama anda running well. PAstikan running well dulu…on the track, baru anda boleh buka baru, keep on fokus.

Jadi bagaimana rekan property? Kira-kira itulah faktor yang bikin bisnis property anda terseok-seok dan kemudian bisa colapse. Hindari ke 4 hal tersebut, maka bisnis anda Insya Allah akan lancar jaya wkkkkkkkk.

Masih bingung? Ikut saja pelatihan Workshop Jurus Aman Developer Sukses yang akan membedah secara tuntas bagaimana melakukan bisnis developer dengan aman dan sukses. Tunggu jadawlnya.

Jangan loyo eh layu ya kalau pagi-pagi wkkkkkk

Tinggalkan komentar

Filed under Manajemen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s